Rabu, 05 Juni 2013

Rome... When in Rome

Voilaa...  oke dilanjutkan kembali mengenai europe trip saya dan Ika.

14 Maret 2013
Alhamdulillah dengan pesawat vueling, saya dan ika sampai di Fiumicio Airport. Lalala bahasa sudah berubah dari yg biasanya "Hola" jadi "Bonjourno" .Menurut saya bahasa italy itu sama spain ga jauh beda tetapi kalau di italy kesannya lebih "ngapak" kalau orang jawa bilang hehehe.Oiya mulai dari kota inilah, saya dan Ika memberlakukan keamanan dengan status "waspada" hahha.. ya kenapa tidak ya denger2 dari orang disini copetnya luar biasa banyak dan bisa banget 1 tas isi passport, uang, credit card ilang semua. Jadi , saya dan Ika pun melakukan pengamanan ekstra dengan cara :
1. Passport ditaruh di kaos dalam yg ada kantongnya ( biasanya dipakai oleh orang yang haji). Jadi passport di taruh di body hahaha.
2. Uang , credit card ditaruh juga di kantong doraemon itu *lol
3. Backpack kita berdua di gembok.. Ya betul sekali digembok,  ini karena inspirasi dari fans barcelona hahhaa.

keluar dari airport, benar saja suasana sudah agak berubah , kemudian setelah nanya2 kita naik shuttle bus ke rome termini seharga 8 euro. Hmm perjalanan agak jauhh dan kok jalanan rome itu bikin pusing muter muter. Lamaa bangett ga sampai sampai zzz zzz -__-. Lalu sampai di rome termini... Astagfirullah,, isinya orang semua, crowded banget.. watch out guys! udh pasti banyak banget copet di rome termini. Saya dan ika melipir ke yg ga terlalu banyak orang untuk melihat peta tempat tinggal kita yaitu di "La casa de amy". setelah salah geret2 koper, akhirnya kita sampai juga di La casa de amy, dan disambut oleh pegawai yg ramah sekali *tuh kan udh lupaa. Setelah itu kita pun sambil bertanya soal best transportation to explore rome, lalu best attraction, dan dikasih tau sama mba2 itu  bahwa pope yang baru, baru saja terpilih *kita aja baru tau huahahaha. Jadi suasana selebrasi msh kerasa banget..

Oke hari ini karena half day, saya dan ika berencana ke gereja st.Maggiore yang letaknya tinggal jalan kaki dari tmpt tinggal kita sekalian pula kita mau wisata kuliner dan nyari snowglobe hehhe. Hmmm pas udah sampai di st.Maggiore, bingung nih kita bayar ga ya ini gereja nya, takut kya sagrada familia. Lalu kita coba2 aja masuk, ehh ternyata ga bayar hehehe. Oiya di st.Maggiore ini biasanya pope yg baru akan mengadakan "khutbah" istilahnya bgitu. Di dalam gereja nya bagus,,, dgn ornamen klasikal dan di dalam gereja banyak patung2 santo santo yg ada. Yaa, saya dan ika liat liat aja sih hehehe. Kemudian setelah dri maggiore, kita cari makanan dan sampai di restorant pasta dgn nama "Ristorante" , ( milih resto ini krn di depannya ada trip advisornya hehehe). Oiya, kalau beli spagheti di italy, satu aja buat berdua atau bertiga, porsinya banyak bangettt sisss.. haaha

gereja st.Maggiore

porsi spaghetti

with original bruchetta

Sedihnya di roma adalah, wifi tempat tinggal kita lagi bermasalah dari sistem pusat... ahhh wifi super bergunaa banget pdahal buat kita, terutama buat nyari2 tempat. Jdinya kita berbekal peta yg dikasih dari tempat penginapan aja deh huhu. Oke hari pertama sekian dulu, dingiinnnn brur ya kalau malam disini duduudu

15 Maret 2013
Holaa... bangun lebih pagi karena kita mau mengaktifkan harta teramat berharga kita berdua yaitu "Eurail Global Pass Continues 15 days+ 2 days" . Sudah mandi beres, lalu kita menuju tempat sarapan yg letaknya di depan kamar kita (wkwkwkkw malam sebelumnya ika udh ambil sereal, dan saya minum hot chocolate lol). Wuowwww sarapannya parah parah enaknya bangett bangett, roti roti, croissant dgn berbagai rasa, sereal, scrumble egg, daging daging dan keju keju yg ika sangat sukai, tapi ada yang kurang , kurang NASI !! ahh indahnya kalau ada nasi *ngarep.Enak banget sarapan disini, beneran kalau ke roma lagi mau nginep di "La Casa de Amy" super friendly ,nyaman, lokasi strategis dan sarapannya enyaaakkk... ini dia sarapannya
breakfast superr enakkk
udh bres sarapan, kita cuss dri tmpt tinggal kita menuju rome termini. Kita mau aktivasi eurail global pass dan reservasi tiket buat ke verona besok pagi dan ke swiss keesokan harinya lagi. Ternyata buat validasi eurail ga bisa di bagian ticketing mana aja, tapi ada di bagian tertentu yg hrs ambil nomor dulu.. duududuud antrinya lumayan, saya dan ika ngemper dot kom bersama turis2 yg lain. Oke kemudian, kita validasi , setelah itu kita pesan tiket kereta ke verona, dengan naik kereta cepat italy "frecciabianca", kita reserved seat seharga 10 euro per orang. Lalu kita pun reserve seat buat naik eurocity di tgl 17 Maret dari Milan ke Arth-Goldau dengan nantinya kita naik kereta lokal swiss ke lucerne. Oiya , semua ini emang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan, jdi saya dan ika sdh cekidot web2 terkait dan harus naik kereta apa dan yg mana hrs reserve seat. Semua kereta eropa kalau untuk yang antar negara lebih baik reserve seat, krn kalau penuh semua rencana bisa gagal.

Setelah urusan ticket ticket selesai, kita ke bagian bus hop on hop off gtu dgn tiket 17 euro. Harga tikrt 17 euro udh termasuk audio dan tiket 24 hours ( tapi ada jadwal last bus nya). lalu kita berdua liat peta, sesuai urutan peta kita mau ke colloseum dulu. Nyampe di colloseum, ada aja tuh tiket masuk ke dlmnya., namun saya dan ika tdk mau ke dlmnya krn dri luar juga keliatan ( kan bolong bolong gtu colloseum lol). Sudah beres foto foto, kita menuju ke suatu lapangan besar *lupa namanya apa, tapi dri situ view nya bagus aja... heheheh . Akan tetapi disitu nunggu bus nya lagi lama banget, nyampe bete tingkat dewa, soalnya dinginnnn banget,, ahh jdi pgn cepet2 naik bus. Kemudian di perjalnan menuju st.Petrus vatican, kita melewati bangunan nan gagah ciamik ( semacam museum), tpi mikir ntar aja deh abis yg utama2 di rome. Nyampe di vatican, ternyata masih jalan lagi menuju basilika st.petrus. Dann benar saja sodara sodara, krn pemilihan pope msh baru banget jdi disitu msh banyak station tv gtu , reporter2 yg lagi laporan dll hahaha. Di hall basilika, saya teringat film angels and demond, saya dan ika nyariin patung yg setengah angel setengah demond, tpi krn saking tingginya jdi ga keliatan lol ( harusnya pake teropong hahaha). Udah foto foto, kemudian kita melanjutkan perjalanan ke trevi fountain. Eittsss, jangan terkecoh ya, tadinya saya mikir trevi fountain itu fountain keren gtu di sekelilingnya bagus gtu, ohhh ternyata bus nya aja cuma nyampe jalan raya mana gtu ya , terus kita jalan kaki ke gang kecil gtu, nahhh trevi fountain nan gagah ada di dalam gang. Tapi trevi fountainnnya sendiri besar sih... wuiii turis banyak bangett, lalu kami berdua melemparkan koin dgn menghadap membelakangi fountain tersebut berharap suatu hari bisa kembali kesitu lagi Aamiin. Tdinya, kami mau makan di restorant sekitar trevi fountain, tapi ohh tapii mahalnyooo . Dan setelah ke beberapa tempat di rome, ternyata makan yg murah emang deket termini, jadinya kami berdua balik dulu ke termini buat makan (pada saat itu, fisik saya agak2 sakit dikit, jdinya kita isi makanan sekaligus istirahat).

trevi fountain

Vatican

when in rome, saya dan ika

ala2 angels and demond

polisi vatican yg .. ehemm cakep lol

Setelah makan kita  kmbali menuju museum pertahanan italy ( saya nyebutnya bgitu, aduhh lupa namanya, si Ika inget itu). Ini museumnya bagusss bangettt,,,, karena etaknya di bukit gtu jdi bisa liat kota roma dri atas, sebenarnya bisa naik lagi sih tapi bayar, jdinya ga deh hahhaa... Lalu sebelum pulang kita ke daerah vatican lagi ke santa mana gtu *aduhh lupa lagi, tapi bayar haha, jdi kita menikmati dari luar aja. Hmmm, kita ga mau kemaleman ya, berhubung cuaca dan bsok pagi harus ngejar kereta ke verona. Jadi setelah beli snowglobe jam 7 an kita udh balik ke casa de amy. Oiya , jadi pada pagi hari kami bilang ke mba2 sarapan bahwa , besok pagi , kami akan check out early jadi kami ingin disiapkan early breakfast. Nah pas kita udh balik ke casa de amy, si pegawai nya ngasih kita makanan2 buat sarapan. Dan ternyata itu pegawai dari philipine, jadinya ngobrol2 dulu deh, sambil kita ambil2 makanan *wkwkwkkw hingga akhirnya itu orang ngasih kita susu 1 liter... wkwkkwk maksih aja deh kita, ini dia nih susu fenomenal yang nanti akan ikut berkeliling eropa dgn kita krn pada akhirnya ini susu, baru dibuka di Paris huahahaha.

museum "pertahanan Italy" nan gagah

view from top..

oke , sekian cerita roma kali ini, sampai jumpa di Verona