Minggu, 07 April 2013

Europe trip... Is not only a dream... Yess, I proved it :)

Hallo...
Wuooww sdh lama banget ya saya ga nulis blog tentang travel ini. Selain krn entah kenapa hasrat nulis sdg malas, tapi juga krn kesibukan menyelesaikan gelar dokter gigi yg HARUS banget diselesaikan. Oiya sekitar September 2012 lalu saya sempet trip hampir 2 Minggu ke Inggris krn Ade saya study disana, jdi saya berkesempatan ke beberapa kota di UK seperti London, Manchester , liverpool, Newcastle , dan Edinburgh . Oke yg cerita UK skip aja kali ya krn Udh kelamaan, udh basi hahhaha .

Well, kembali dengan judul post an saya kali ini. Rencana ke Eropa ini jujur udh jdi idaman saya sejak tahun lalu pasca balik dri Sydney . Mikir berkali-kali, hmm blh ga ya minta izin sama ortu. Oke, saya pun nekat bilang ke ortu bahwa kalau saya bisa menyelesaikan dokter gigi ini sesuai dgn waktu normal, saya mau ke Eropa.... Dann Alhamdulillah orang tua menyanggupinya. Wosshhh saatnya fokus klinik, berusaha keras demi salah satu nya itu hehehe. Alhamdulillah saya pun bisa lulus dokter gigi dan ikut wisuda Februari kemarin :) . Akhirnya orang tua saya pun menepati janji mereka, Ya Allah, Alhamdulillah

Yaa dan ke eropa dikarenakan biaya ga seperti ke negara lain, jdi saya juga mau nabung untuk keperluan hidup selama disana. Oke , izin udh lolos, partner euro trip siapa ya? Dan akhirnya saya mendapatkan partner si Ika, partner travelling saya waktu di Jepang dan kami pun memiliki hobi yg sama.

Mikir-mikir waktu dan akhirnya diputuskan kita starting di tgl 12 maret, udh ke Eropa ga sreg dong kalo ga ke UK, my favourite country dan sekalian nengokin Ade. Si Ika juga pgn ke London krn dia belum pernah ksana. Kita mulai planning euro trip ini 26 Januari 2013, atau lebih tepatnya pasca 5 hri yudisium drg saya . Wooottt rencana  brangkat 12 maret woyy, Visa apa kabar??? Schengen dan UK ya ? Brb pusing saat itu juga. Langsung lah kita bikin appointment ke kedubes Belanda di tgl 31 Januari 2013, berbekal pengalaman hidup ngurus visa di kedubes2 lain, yg penting dri schengen adalah bukti asuransi perjalanan hrs jelas, saya sarankan pakai asuransi axa schengen, sesuaikan dgn durasi Anda tinggal di Eropa . Selain itu booking pesawat hotel, jelas itinerary nya, dannn pagi hari jam 7 saya dan Ika sdh stand by di kedubes Belanda , dokumen masuk jam 8 pagi, jam setengah 9 saya dan Ika keluar dan disuruh dtg jam 15.00 nanti sore buat ambil passport. Olalala.., jam 3 sore passport saya sdh ditempel visa schengen ... Alhamdulillah , urus sendiri lebih murah dan cepat. Kedubes belanda oke punya dahh !!!

Lalu setelah schengen , tantangan berikutnya adalah urus visa UK, jreng jreng... Alhamdulillah krn agak cukup berpengalaman urus visa uk, jdi udh tau syarat2 apa aja yg diperlukan. Appointment dgn vfs di tgl 5 Februari , yaaa tapi UK ga secepat Belanda . Urus visa UK 15 hri kerja yg lumayan bikindeg deg an... And finally sekitar 20 an Februari , visa UK saya dan Ika keluar... Alhamdulillah

Permasalahan berikutnya. . Mau kemana aja dew ??? Eeyaaa kelabilan anak muda pun memuncak. Fyi, saya dan Ika bagi tugas. Saya bagian nyari transportasi dan Ika nyari akomodasi. Akhirnya saya mengajukan itinerary spektakuler yg ternyata diterima oleh si Ika... Bismillah , inilah rutenya

Jakarta - Barcelona - Roma- Venice- Verona - Lucerne ( Swiss) - Budapest - Vienna - prague -Berlin-Amsterdam - Brussel - Paris- London - Jakarta

Pusing ga tuhhh!!! Saya aja yg bikin pusing hahaha, tpi mikir pgn ngerasain ygyg " beda" *jiwa masa muda muncul duduududud

Transportasi yg kami pakai adalah Jakarta - Barcelona dan London- Jakarta dengan Qatar airways Pastinya pake harga student dgn bagasi 30 kg yeayyyy. Lalu Barcelona -Roma dengan pesawat lokal vueling yg menurut saya lcc yg bagus hehehe. Dan dri Roma sampai London kita naik kereta aka jalan darat dengan memakai eurail pass buat youth ( under 26 years )   Seharga 366 euro tanpa reservasi kereta. Jdi untuk eurail pass ini , untuk kereta antar negara msh membayar reservasi tiket, untuk Eropa barat sekitar 10 euro sementara untuk Eropa timur sekitar 3-5 euro. Eurail pass juga kalau untuk kereta cepat thalys ( Brussel- Paris) reservasi 39 euro dan untuk euro star ( Paris-London) kami msh membayar 60 euro. Sesungguhnya mau dibilang mending beli langsung disana atau pakai eurail pass itu tergantung kebutuhan anda. Untuk rute kaya saya sih ya mending pake eurail pass krn bisa deh itu harga dri italy ke swiss sekali jalan nyampe ratusan euro, sementara saya hanya membayar reservasi 10 euro :)

Oiya, saya dan Ika anaknya ga mau banget tuh ga jelas gtu, jdi dri Jakarta udh bikin itu ya list kereta yg mau dinaikin jam brapa dan estimasi waktu yg dihabiskan selama perjalanan. Selama euro trip ini kyanya cuma 1 jenis kereta yg ga saya naikin deh, si ICE, selain itu? Hmm dri yg namanya kereta cepatnya italy, eurocity italy-Swiss nyampe ngabisin waktu 12 jam di kereta smaleman naik euronight dri Zurich ke Budapest ... Ya Allah, Alhamdulillah banget ini udh di rumah lagi :')

Oke sekian prolog *wadawww prolog panjang amat dew
Postingan berikutnya akan mulai di bahas soal kotanya satu persatu :)

Dewi Isroyati Sugiana
April 2013

3 komentar:

  1. mbak dewi, mau nanyaboleh ya? :)
    klo untuk apply visa di belanda apakah wajib menyertakan bukti booking untuk transportasi selama di eropa? misalnya kita mau naik city night train (yg berarti ngga booking hotel utk hari itu). krn saya rencana mau booking setelah dpt visa. bagaimana baiknya?
    (hotel dan flight reservasi jkt-ams-jkt udh booking semua).

    thanks sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Halo Mba,
    Bukti transportasi selama disana tdk perlu disertakan kok, cukup booking pesawat dan hotel saja. Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Halo mba, saya mau nanya.. Selama anda berpergian gitu, kartu provider apa yg mba gunakan agar hp nya ttp aktif, terutama bb dan untuk modem. Makasih :)

    BalasHapus